Kategori

Tuesday, May 27, 2008

SETTING INTERNET PC MENGGUNAKAN MODEM HANDPHONE NOKIA CDMA DENGAN KARTU STARONE by INDOSAT

PENDAHULUAN

Untuk dapat berinternet menggunakan handphone Nokia CDMA dengan kartu STARONE dari INDOSAT, ada tiga tahapan setting yang harus anda lakukan:

1. Setting Kabel DKU-5 yang digunakan sebagai sarana koneksi dari Handphone ke computer

2. Setting modem driver Nokia CDMA

3. Membuat koneksi internet di Control Panel – Network Connections

Berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah dari masing-masing tahap:

  1. Setting Kabel DKU-5

Ada berbagai merk kabel DKU-5 yang dijual di pasaran. Anda dapat membeli sesuai dengan selera anda. Penulis menggunakan kabel DKU-5 Mobile Action MA-8620E USB. Untuk memulai install driver DKU-5, masukkan CD Driver DKU-5 Mobile Action MA-8620E USB ke dalam CD ROM Drive. Auto play CD akan aktif, selanjutnya anda tinggal pilih install. Maka anda akan diarahkan ke tampilan berikutnya:

- Select Language silahkan pilih English

- Select Mobile Penulis memilih Nokia 6220(Version_6xx_or_later) karena penulis menggunakan HP CDMA Nokia 6225. Meskipun penulis memilih Nokia 6220(Version_6xx_or_later) tapi settingan ini bisa digunakan untuk Nokia 3105, 6275 dan lain lainnya

- Select Cable pilihlah sesuai jenis kabel DKU-5 yang akan diinstall yaitu MA-8620E (USB Port)

- Selanjutnya klik OK

- Anda akan diminta untuk memasukkan kabel DKU-5 ke dalam port USB computer. Jika pada saat install driver tsb kabel sudah dipasangkan di port usb computer, maka anda akan diminta untuk melepaskan kabel tersebut dan memasangkannya kembali.

- Selanjutnya computer akan mendeteksi adanya hardware baru yaitu kabel dan segera menginstall driver yang diperlukan.

- Jika proses install telah selesai, anda dapat mengecek sukses atau tidaknya proses instalasi driver kabel tsb dengan cara: jalankan Windows Explorer, klik kanan My Computer – Properties maka akan muncul System Properties klik tab Hardware , klik tombol Device Manager dan silahkan anda periksa pada bagian Ports (COM & LPT). Akan muncul port baru “Prolific USB-to-Serial Comm Port (Com2)” yang berarti driver kabel DKU-5 telah terinstall dengan benar pada COM2.

Anda dapat merubah COM port yang digunakan misalnya dari COM2 ke COM8 atau yg lainnya asalkan COM terpilih belum dipakai. Caranya klik kanan Prolific USB-to-Serial Comm Port (Com2) tersebut kemudian klik Properties- Port Settings- Advanced- Com Port number: pilih COM yg tidak sedang digunakan yaitu yang tidak ada tanda (in use) .Terakhir klik tombol OK

  1. Setting Modem Driver Nokia

Anda membutuhkan file modem driver Nokia CDMA yang bernama: NMP_CDMA1X_RTT.INF jika anda belum memiliki file tersebut, silahkan Download disini.

Cara install modem driver Nokia CDMA yaitu:

- Klik Start- Settings - Control Panel

- Double klik Phone and Modem Options, maka anda akan diarahkan ke menu Phone and Modem Options. Silahkan klik tab Modems.

- Klik tombol Add maka anda akan diarahkan ke langkah selanjutnya pada Install New Modem.

- Centanglah Don’t detect my modem; I will select it from a list kemudian klik tombol Next> maka akan muncul tampilan daftar modem yaitu Manufacturer dan models.

- Klik tombol Have Disk… sehingga akan tampil Install From Disk.

- Klik tombol Browse.. Anda akan diarahkan ke kotak dialog Locate File untuk menentukan lokasi dimana anda menyimpan file modem driver Nokia CDMA NMP_CDMA1X_RTT.INF” ,klik file tersebut

- Klik tombol Open maka anda akan diarahkan tampilan berikutnya.

- Selanjutnya silahkan klik tombol OK sehingga akan muncul tampilan daftar modem Nokia CDMA yg harus anda pilih:

- Klik Nokia CDMA 1xRT 3G Packet Data Modem kemudian klik Next> maka akan muncul tampilan untuk menentukan COM port:

- Pilihlan COM port yang akan digunakan oleh modem, misalnya COM8, kemudian klik tombol Next> maka anda akan diarahkan ke tampilan Warning! Hardware Installation:

Klik tombol Continue Anyway untuk mengabaikan warning tersebut dan melanjutkan ke proses selanjutnya.

Selanjutnya klik tombol Finish maka modem Nokia CDMA yang baru saja kita install akan ditampilkan dalam daftar Modem yaitu Nokia CDMA 1xRTT 3G Packet Data Modem Com8.

  1. Membuat Koneksi Internet

Setelah anda menginstall kabel data DKU-5 dan driver Modem Nokia CDMA, maka langkah yg terakhir adalah membuat koneksi internet. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

- Klik Start- Settings - Control Panel

- Double klik Network Connections

- Klik Create a new connection

- Klik Next>

- Klik Connect to the internet kemudian klik Next>

- Klik Set up connection manually kemudian klik Next>

- Klik Connect using a dial-up modem kemudian klik Next>

- Klik Modem-Nokia CDMA 1xRTT 3G Packet Data Modem (Com8). COM port yg digunakan tergantung atau ditentukan pada saat kita menginstall kabel DKU-5 dan modem driver Nokia CDMA. Selanjutnya klik Next>

- Isi ISP Name dengan Starone Net kemudian klik Next>

- Isi Phone number to dial dengan #777 kemudian klik Next>

- Isilah User name : starone, Password: indosat dan Confirm Password: indosat kemudian centanglah “Use this account name and password when anyone connects to the internet from this computer dan “ Make this the default internet connection” kemudian tekan tombol Next>

- Untuk menambah shortcut ke Desktop,centanglah Add a shortcut to this connection to my desktop kemudian klik Finish

- Klik tombol Dial untuk melakukan koneksi internet. Jika koneksi berhasil yang ditandai “Connected” maka anda sudah siap berinternet ria baik browsing, chatting, email dan sebagainya.

untuk panduan lebih rinci disertai gambar,anda bisa melihat contoh setting pd FREN download versi zip disini

untuk settingan pada Starone, anda hanya perlu melakukan perubahan utk penyesuaian yaitu pada bagianMembuat koneksi internet” dimana anda harus merubah ISP Name, username dan password seperti dijelaskan diatas.

Komentar :

ada 1
FX 4215 WD said...
pada hari 

ma kasih Mas Agus . ini yang saya cari

Post a Comment

Please type your comments brief and clearly. Thank you (Silahkan anda ketikkan komentar anda dengan singkat dan jelas. Terima kasih)

Google

   

Translate

Situs Resmi Op.


Buku Tamu

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra