Kategori

Sunday, November 30, 2008

Setting Internet PC atau Laptop dengan menggunakan Modem Handphone Berbluetooth dan Kartu Mentari atau IM3

[ENGLISH]

Saya akan menunjukkan kepada anda petunjuk langkah demi langkah cara setting internet komputer (PC/Laptop) dengan menggunakan modem ponsel yg ber-bluetooth dengan kartu Mentari atau IM3 dari INDOSAT.

Dalam contoh ini saya menggunakan ponsel Nokia 6630 yg sudah 3G dan berbluetooth sehingga akses internetnya tidak mengecewakan. Akan lebih baik lagi jika kita menggunakan ponsel yg sudah 3,5G atau ponsel HSDPA.

Saya mengasumsikan bahwa anda telah sukses melakukan setting GPRS di ponsel yang akan digunakan. Jika anda belum melakukan setting GPRS, silahkan anda lakukan setting GPRS terlebih dahulu sampai sukses, petunjuk setting gprs tsb dapat anda cari di http://ponselsetting.blogspot.com. Seting gprs di ponsel dikatakan sudah sukses jika anda dapat menggunakan ponsel tersebut untuk mengakses internet atau web secara langsung dari ponsel.

Mari kita mulai. Ada 3 langkah utama yg akan kita lakukan dalam melakukan setting ini

(1) Install Bluetooth Adapter

Karena anda akan memanfaatkan koneksi dengan Bluetooth, maka persyaratan utamanya adalah komputer atau laptop anda sudah memiliki bluetooth adapter yg terpasang dan berfungsi dengan baik. Bluetooth adapter merupakan sarana koneksi yg paling praktis untuk transfer file atau sebagai sarana koneksi internet. Jika anda belum memiliki bluetooth adapter, silahkan beli dan install terlebih dahulu. Petunjuk instalasi bluetooth adapter dapat anda baca disini..

(2) Setting Bluetooth DUN Modem

Setelah bluetooth adapter terinstall dengan benar, selanjutnya anda harus melakukan seting modem bluetooth. Langkah-langkahnya adalah:

pada Microsoft Windows XP, masuk CONTROL PANEL >Phone & Modem Option >Bluetooth DUN Modem >Properties >Advanced >Extra initialization comands: ketik: AT+CGDCONT=,,"indosatgprs"<cr>








Catatan:

Dalam extra setting tsb kita menggunakan ”indosatgprs” yaitu nama jalur akses (access point) yg digunakan dalam setting gprs Mentari atau IM3. Ingat: dalam contoh ini kita menggunakan kartu mentari atau IM3. Jika kita menggunakan kartu lain, maka extra settingnya juga harus diubah disesuaikan dengan nama jalur akses yang digunakan. Misalnya jika kita menggunakan kartu Simpati atau Kartu As dari Telkomsel, maka extra setting yang dipakai adalah: AT+CGDCONT=,,"telkomsel"<cr>


(3) Mengkoneksikan Ponsel berbluetooth dengan Komputer atau Laptop
Setelah anda melakukan Setting Bluetooth DUN Modem, langkah selanjutnya anda harus mengaktifkan bluetooth di ponsel yang akan digunakan, dalam contoh ini digunakan Nokia 6630. Setelah itu anda harus melakukan proses pairing yaitu pencarian bluetooth device dalam jangkauan komputer dengan mengklik gambar bola merah pada aplikasi IVT Bluesoleil yg terinstal di komputer atau laptop. Setelah ketemu silahkan anda dobelklik gambar atau ikon ponsel Nokia 6630.



Maka beberapa ikon yang ada dideretan atas akan aktif, artinya Nokia 6630 mendukung fitur-fitur tersebut diantaranya Bluetooth Dial-up Networking Service. Fitur Bluetooth Dial-up Networking Service inilah yg digunakan untuk koneksi internet, silahkan anda dobelklik Bluetooth Dial-up Networking Service yang memiliki gambar atau ikon telpon (lihat gambar). Setelah anda mendobelklik ikon tersebut, selanjutnya akan muncul Connect Bluetooth DUN Connection (lihat gambar dibawah):
















Jika anda menggunakan Mentari atau IM3 dari Indosat, anda dapat memilih tarif akses yaitu tarif berbasis data (VOLUMEBASE) (Rp 1/kB) atau berdasarkan waktu (Timebase) (Rp100/menit). Pada contoh diatas menggunakan Username: indosat password: indosat untuk perhitungan tarif Volumebase Rp1/kB. Jika anda ingin memakai perhitungan tarif timebase atau berbasis waktu Rp100/menit, gunakanlah Username: indosat@durasi password: indosat@durasi


Setelah semuanya OK, silahkan lakukan Dial dengan menekan tombol Dial.







Jika dial sukses “Authenticated”, maka akan muncul data speed bluetooth DUN Connection:





Catatan:

*Perlu anda ingat bahwa Tidak semua ponsel yg ada bluetoothnya dapat digunakan sebagai modem internet, karena ada beberapa ponsel berbluetooth yg koneksi bluetoothnya hanya dapat digunakan untuk transfer file saja. Berdasarkan pengalaman penulis, semua ponsel Nokia berbluetooth dapat digunakan sebagai modem internet karena bluetoothnya support Dial Up Networking. Tidak demikian dengan Sony Ericcsson karena ada beberapa type SE yg bluetoothnya tidak support DUN (Dial Up Networking). Demikian juga dengan ponsel ponsel merk lainnya

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika anda merasa terbantu oleh artikel ini. Maaf, ini adalah edisi revisi. Pada langkah (3) edisi sebelumnya ada kesalahan. Silahkan isi Comment

Selamat mencoba…

Komentar :

ada 4 Comment(s) ke “Setting Internet PC atau Laptop dengan menggunakan Modem Handphone Berbluetooth dan Kartu Mentari atau IM3”
Anonymous said...
pada hari 

Thanks banget aku mau coba mas!

Anonymous said...
pada hari 

Mas...mohon bantuannya dong. bagaimana kalau telpon saya itu nokia cdma dan pake flexy. Saya pengin setting internetnya pake kabel data. Tolong dong kasih pencerahannya mas. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Agus Ryan said...
pada hari 

@Anonymous: Untuk setting internet Flexi dengan ponsel Nokia menggunakan kabel data petunjuknya sudah ada di blog ini, silahkan anda cari dgn menggunakan google search yg tersedia dipojok kanan atas

idiezs said...
pada hari 

kalau setting dial up yg menggunakan proxy server gimana bro!..proxy browser di mozilla nya perlu di ubah juga gak?..coz untuk menggunakan akses paket data tertentu..trimakasih tas penjelasanya!..blog yg keren bro!

ntar aku taruh link nya di blog aku..coz posting ku kurang bnyak.h.he!.mending trnsfer2 link aja!.biar ttep visit yg ada lewat!

Post a Comment

Please type your comments brief and clearly. Thank you (Silahkan anda ketikkan komentar anda dengan singkat dan jelas. Terima kasih)

Google

   

Translate

Situs Resmi Op.


Buku Tamu

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra