Kategori

Saturday, December 06, 2008

Berinternet dengan Voucher Internet Indosat Murah Tarifnya Semudah settingannya

[ENGLISH]

Voucher internet Indosat atau voucher 5000 gprs Indosat belum lama ini tepatnya tanggal 25 November 2008 telah direlease oleh Indosat. Voucher internet 5000 GPRS ini dapat digunakan untuk berinternet via gprs berbasis waktu selama 250 menit (=4 jam 10 menit) dengan kecepatan mencapai 256 kbps. Masa aktif voucher ini adalah 5 hari dan akan hangus jika tidak diperpanjang (diisi ulang lagi) sebelum masa aktifnya berakhir. Indosat menggunakan pentarifan Rp10/30 detik, artinya jika kita mengakses selama 60 detik (satu menit) pulsa gprs kita akan terpotong Rp20. Begitu juga jika kita hanya mengakses selama 45 detik pulsa gprs kita juga akan terpotong Rp20 karena pembulatannya per 30 detik. Untuk akses selama 1 Jam (60 menit) pulsa gprs kita akan terpotong Rp1200 saja. Untuk pengecekan pulsa gprs caranya tekan *555*1# (untuk Mentari) atau *388*1# (untuk IM3)

Disini akan saya tunjukkan langkah demi langkah penggunaan voucher internet Indosat dengan menggunakan ponsel Nokia ber-bluetooth yaitu saya menggunakan contoh Nokia 6630 dengan kartu Mentari. Untuk HP Nokia berbluetooth lainnya misalnya Nokia 3650, 3660, 6600, 6630, 6670, 6680, 6300, 6210c, 6220c, N70, N72,N73 dan ponsel bluetooth merk lainnya yg bluetooth-nya mendukung DUN (Dial Up Networking) bisa juga digunakan.

Pertama tama silahkan anda isi ulang dulu nomor Mentari atau IM3 anda ke outlet outlet yang menjual pulsa elektronik Indosat (Mtronik). Outlet yang isi ulangnya menggunakan isi ulang SEV dari Indosat sudah pasti menjual voucher elektronik jenis ini. Setelah isi ulang sukses, selanjutnya anda dapat cek pulsa gprs anda dengan mengetikkan *555*1# jika kartu anda Mentari atau *388*1# jika kartu anda IM3. Hasilnya: ”Pulsa GPRS 250 menit sd xx.12.2008. PULSA HANGUS JIKA PINDAH PAKET. Setting GPRS durasi: APN=indosatgprs, username&password = indosat@durasi

Langkah selanjutnya anda harus melakukan setting GPRS di ponsel anda. Ingat: untuk settingan di ponsel username & password=Indosat ; username & password=indosat@durasi hanya untuk settingan Dial-up Networking di komputer. Petunjuk setting gprs yg sesuai dengan ponsel anda, silahkan cari di www.PonselSetting.blogspot.com. Setting gprs dikatakan sudah benar apabila anda sudah dapat mengakses web atau internet langsung dari ponsel anda.

Karena anda akan memanfaatkan media koneksi dengan Bluetooth,maka persyaratan utamanya adalah komputer atau laptop anda sudah memiliki bluetooth adapter yg terpasang dan berfungsi dengan baik. Bluetooth adapter merupakan sarana koneksi yg paling praktis untuk transfer file atau sebagai sarana koneksi internet. Jika anda belum memiliki bluetooth adapter, silahkan beli dan install terlebih dahulu. Petunjuk instalasi bluetooth adapter dapat anda baca disini..

Setelah bluetooth adapter terinstall dengan benar, selanjutnya anda harus melakukan seting modem bluetooth. Langkah-langkahnya adalah:

pada Microsoft Windows XP, masuk Control Panel >Phone & Modem Option >Bluetooth DUN Modem >Properties >Advanced >Extra initialization comands: ketik: AT+CGDCONT=,,"indosatgprs"<cr>








Catatan:

Dalam extra setting tsb kita menggunakan ”indosatgprs” yaitu nama jalur akses (access point) yg digunakan dalam setting gprs Mentari atau IM3. Bagi anda pengguna IM3 anda juga harus menggunakan setting indosatgprs

Setelah anda melakukan Setting Bluetooth DUN Modem, langkah selanjutnya anda harus mengaktifkan bluetooth di ponsel yang akan digunakan, dalam contoh ini digunakan Nokia 6630. Setelah itu anda harus melakukan proses pairing yaitu pencarian bluetooth device dalam jangkauan komputer dengan mengklik gambar bola merah pada aplikasi IVT Bluesoleil yg terinstal di komputer atau laptop. Setelah ketemu silahkan anda klik gambar atau ikon ponsel Nokia 6630.



Maka beberapa ikon yang ada dideretan atas akan aktif, artinya Nokia 6630 mendukung fitur-fitur tersebut diantaranya Bluetooth Dial-up Networking Service. Fitur Bluetooth Dial-up Networking Service inilah yg digunakan untuk koneksi internet, silahkan anda dobelklik Bluetooth Dial-up Networking Service yang memiliki gambar atau ikon telpon (lihat gambar). Setelah anda mendobelklik ikon tersebut, selanjutnya akan muncul Connect Bluetooth DUN Connection (lihat gambar dibawah):




















Silahkan anda masukkan User name: indosat@durasi password:indosat@durasi dan Dial: *99***1#. Jika anda memasukkan username & password:indosat maka pulsa reguler anda yang akan terpotong dengan tarif Rp1/kb.

Setelah semuanya OK, silahkan lakukan Dial dengan menekan tombol Dial.








Jika dial sukses “Authenticated”, maka akan muncul data speed bluetooth DUN Connection:





Ini artinya koneksi internet sudah tersambung dan anda dapat melakukan browsing, chat dan lain-lain aktivitas di dunia maya dengan voucher internet Indosat dengan tarif Rp1200/jam. Untuk mengecek sisa pulsa GPRS, setelah disconnet silahkan anda tekan *555*1# jika kartu anda Mentari atau *388*1# jika kartu anda IM3. Kecepatan akses secara teoritis mencapai 256 kbps, tetapi pada kenyataannya jarang sekali mencapai kecepatan itu karena kecepatan akses sangat dipengaruhi traffic pengguna dan kualitas sinyal ditempat anda. Biasanya pada pagi hari speednya lumayan cepat dibandingkan pada siang hari.


Catatan:

*Perlu anda ingat bahwa Tidak semua ponsel yg ada bluetoothnya dapat digunakan sebagai modem internet, karena ada beberapa ponsel berbluetooth yg koneksi bluetoothnya hanya dapat digunakan untuk transfer file saja. Berdasarkan pengalaman penulis, semua ponsel Nokia berbluetooth dapat digunakan sebagai modem internet karena bluetoothnya support Dial Up Networking. Tidak demikian dengan Sony Ericcsson karena ada beberapa type Soner yg bluetoothnya tidak support DUN (Dial Up Networking). Demikian juga dengan ponsel ponsel merk lainnya. Jadi pakailah ponsel yg bluetoothnya support DUN.

Bagi yg kurang jelas, silahkan kemukakan pertanyaan lewat Comment

Selamat berinternet…

Komentar :

ada 3 Comment(s) ke “Berinternet dengan Voucher Internet Indosat Murah Tarifnya Semudah settingannya”
Anonymous said...
pada hari 

tanya nih, selama ini saya pakai hp K700i buat kneksi intrnet im3 yg per volume based ke pc pake bluetooth eksternal WIDCOMM. sy blm paham soal DUN krn gk pernah nemu tulisan itu. hp sy sama bluetoohnya sdh support DUN apa blum ya? mohon dibantu. trimakasih.

Agus Ryan said...
pada hari 

@Woody green: Jika sudah bisa dipake internetan dengan PC melalui bluetooth, berarti ponsel anda sudah support DUN (Dial Up Networking). Ciri-ciri ponsel yg support DUN adalah jika dikoneksikan dengan bluetooth maka icon2 dibagian atas bola merah akan aktif (ditandai dengan kotak yg mengelilinginya). Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar diatas. Pada Nokia 6630 ada support 3 fitur diantaranya DUN service, File Transfer service dan object push service

zay said...
pada hari 

nice posting..kebtulan ku cari artikel buat praktekin di komput..thnk's info

Post a Comment

Please type your comments brief and clearly. Thank you (Silahkan anda ketikkan komentar anda dengan singkat dan jelas. Terima kasih)

Google

   

Translate

Situs Resmi Op.


Buku Tamu

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra