Kategori

Thursday, December 25, 2008

Setting Internet Indosat IM3 atau Mentari dengan menggunakan Modem handphone Nokia 6300 dengan Media Koneksi Kabel Data

Untuk dapat berinternet menggunakan kartu IM3 atau Mentari dari Indosat dengan ponsel Nokia 6300 sebagai modem menggunakan media koneksi kabel data, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, yaitu : (1) Lakukan setting GPRS di ponsel Nokia 6300 yang akan digunakan; (2) install driver kabel; (3) install driver modem Nokia 6300; (4) Lakukan setting modem pada bagian Extra Setting; dan (5) Buat koneksi dial up melalui Network Connection


1. SETTING GPRS

Untuk setting GPRS pada Nokia 6300 silahkan anda cari petunjuk settingnya di www.PonselSetting.blogspot.com. Anda dapat memanfaatkan fasilitas Google Search yang terdapat pada bagian kanan atas halaman. Setting GPRS dikatakan sudah benar apabila anda sudah dapat mengakses web atau internet langsung dari ponsel anda

2. INSTALASI DRIVER KABEL DATA

Agar kabel data dapat digunakan, anda harus menginstall driver kabel. Driver ter sebut biasanya disertakan dalam paket pembelian. Cara install: masukkan CD driver ke dalam drive CD/DVD-ROM anda. Buka Windows Explorer, klik drive CD/DVD-ROM dan cari file Setup (type Application). Dobelklik file setup tersebut sehingga proses instalasi berjalan. Klik Next dan seterusnya sampai proses instalasi selesai.

Selanjutnya colokkan kabel data ke dalam port USB komputer anda. Maka komputer akan mendeteksi adanya hardware baru dan menawarkan untuk menginstall driver.











Silahkan klik Next >











Pilih Install the software automatically (Recommended) kemudian tekan Next>. Maka komputer akan mencari secara otomatis driver yang sebelumnya telah kita install dan melakukan proses instalasi. Jika proses tersebut telah sukses, maka akan tampil informasi sebagai berikut:





Port yang baru tersebut biasanya bernama ”Prolific USB to serial Comm Port (Comxx)” untuk mengeceknya silahkan buka Windows Explorer, klik kanan My Computer > Properties> Hardware > Device Manager > Port (Com & LPT)













Pada gambar diatas tampak bahwa kabel Prolific USB-to-Serial Comm Port terinstal di COM21


3. INSTALASI DRIVER MODEM NOKIA 6300

Jika dalam paket pembelian ponsel Nokia 6300 disertakan pula aplikasi Nokia PC Suite untuk Nokia 6300, silahkan anda install Nokia PC Suite tersebut karena biasanya didalamnya sudah ada driver modem dan driver kabel untuk Nokia 6300. Jika tidak, anda dapat mencoba menggunakan modem driver Nokia GSM dalam contoh ini saya menggunakan NOKIA_7250_CABLE_DRIVER. Modem driver ini dapat digunakan juga pada Nokia 6610 dan pada beberapa tipe ponsel Nokia yang lainnya. Jika anda tidak punya file modem driver NOKIA_7250_CABLE_DRIVER silahkan download disini..

Untuk menginstal driver modem tersebut caranya: Start > Settings > Control Panel > Phone and Modem Options > Modems >














Klik tombol Add… > selanjutnya akan tampil jendela Install New Modem











Centanglah Don’t detect my modem. I will select it from list Kemudian tekan Next maka akan tampil jendela berikutnya











Silahkan klik tombol Have Disk… maka akan tampil jendela Install From Disk








Lanjutkan dengan menekan tombol Browse... dan arahkan ke folder tempat file driver modem NOKIA_7250_CABLE_DRIVER tersimpan.











Selanjutnya tekan tombol Open maka akan muncul jendela seperti tampak dibawah ini:








Lanjutkan dengan menekan tombol OK maka akan muncul jendela Add Hardware Wizard seperti terlihat pada gambar dibawah:











Klik Nokia 7250 (Cable) dilanjutkan dengan menekan tombol Next> selanjutnya akan muncul jendela yang meminta anda untuk memilih Com port seperti terlihat pada gambar dibawah ini:











Silahkan pilih COM21. Pemilihan COM port ini tergantung pada Com port yang digunakan oleh kabel data yang sebelumnya telah kita install. Karena kabel data sebelumnya telah terinstall di COM21, maka kita harus memilih COM21 untuk menginstall modem driver. Pemilihan COM port yang salah menyebabkan kabel data dan modem tidak dapat berkomunikasi sehingga pemilihan COM port harus benar.

Selanjutnya silahkan anda tekan tombol Next> maka proses instalasi modem segera dimulai dan akan tampil jendela jendela seperti tampak pada gambar dibawah ini:





















Silahkan anda lanjutkan dengan menekan tombol Continue Anyway dan silahkan tunggu sampai proses instalasi selesai yang ditandai dengan munculnya jendela seperti terlihat pada gambar dibawah ini:











Selanjutnya silahkan tekan tombol Finish maka modem Nokia 7250 (Cable) yang baru saja kita install akan muncul dalam daftar modem seperti terlihat pada gambar dibawah ini:














4. SETTING MODEM EXTRA SETTING

Agar antara kabel data dan modem yang digunakan dapat saling berkomunikasi atau terhubung, maka perlu dilakukan setting pada bagian Extra setting modem Caranya klik: Start > Settings > Control Panel > Phone and Modem Options > Modems > Nokia 7250 (Cable) > Properties > Advanced >Extra initialization commands: AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”














Disini kita memakai indosatgprs yaitu jalur akses (access point) yang digunakan pada setting GPRS IM3 atau Mentari pada ponsel yang kita gunakan.

5. MEMBUAT KONEKSI DIAL UP

Langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah menbuat koneksi dial up melalui Network Connection, caranya klik: Start > Settings > Control Panel > Network Connections > Create a new connection











Selanjutnya tekan Next> maka akan tampil jendela seperti terlihat pada gambar dibawah ini:











Pilihlah Connect to the Internet dan klik tombol Next> akan muncul jendela seperti gambar berikut ini:











Pilihlah Set up my connection manually selanjutnya klik tombol Next> akan muncul jendela seperti gambar berikut ini:











Pilihlah Connect using a dial-up modem selanjutnya klik tombol Next> akan muncul jendela seperti gambar berikut ini:











Centanglah modem yang akan digunakan yaitu Modem-Nokia 7250(Cable) (COM21) selanjutnya klik tombol Next> akan muncul jendela seperti gambar berikut ini:











Selanjutnya anda diminta untuk mengisikan nama ISP. Anda dapat mengisinya dengan kata atau kalimat terserah anda yang menggambarkan koneksi yang sedang anda buat. Dalam contoh ini ISP name: Internet Indosat Nokia 6300 Kabel. Selanjutnya tekan tombol Next> akan muncul jendela Phone Number to Dial seperti gambar dibawah ini:











Silahkan anda ketikkan *99***1# selanjutnya klik tombol Next> maka akan muncul jendela Internet Account Information seperti terlihat pada gambar berikut ini:











Silahkan isi dengan indosat@durasi pada kolom user name, Password dan Comfirm password. Ini jika kita ingin melakukan koneksi internet Indosat berbasiskan waktu misalnya jika kita memakai voucher internet Indosat (voucher 5000 GPRS). Jika kita ingin perhitungan tarif berdasarkan volume data (volume base) Rp1/Kb, maka pada kolom user name, Password dan Comfirm password anda harus mengisinya dengan indosat selanjutnya tombol Next> maka akan muncul jendela Completing the New Connection Wizard seperti terlihat pada gambar berikut ini:











Selanjutnya silahkan anda tekan tombol Finish> maka akan muncul jendela Connect Internet Indosat Nokia 6300 Kabel seperti terlihat pada gambar dibawah ini:














Selanjutnya silahkan klik tombol Dial. Jika proses dial up sukses, akan muncul tulisan ”Internet Indosat Nokia 6300 Kabel is now connected Speed:115.2 Kbps ” dengan gambar ikon 2 buah komputer yang berkedip-kedip yang terletak di bagian kanan bawah screen.

Keterangan:

Setting ini dapat digunakan atau diterapkan pada ponsel Nokia type lainnya dengan catatan anda harus menggunakan kabel data dan driver modem yang sesuai dengan ponsel Nokia yang anda gunakan sehingga dapat connect. Jika anda menggunakan ponsel merk lainnya, langkah-langkah settingnya pun sama saja.

Komentar :

ada 0 Comment(s) ke “Setting Internet Indosat IM3 atau Mentari dengan menggunakan Modem handphone Nokia 6300 dengan Media Koneksi Kabel Data”

Post a Comment

Please type your comments brief and clearly. Thank you (Silahkan anda ketikkan komentar anda dengan singkat dan jelas. Terima kasih)

Google

   

Translate

Situs Resmi Op.


Buku Tamu

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra