Kategori

Saturday, October 04, 2008

SMS CENTER (Pusat Pesan SMS)

[ENGLISH]


Mungkin anda pernah mengalami kesulitan untuk mengirim SMS (Short Message Service) dimana pesan yang anda kirimkan selalu gagal terkirim, padahal pada saat yang bersamaan teman anda yang menggunakan kartu selular yang sama dengan anda tidak mengalami masalah dalam berkirim sms.

Perlu anda perhatikan jika anda mengalami masalah seperti tersebut diatas, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya: (1) ponsel anda bermasalah sehingga sinyalnya lemah sekali atau tidak dapat sinyal; (2) SMS Center (Pusat pesan SMS) anda tidak benar; (3) sebab-sebab yang lainnya misalnya pada ponsel Symbian/Java, sumber daya memori internal (memory resource)yg tersisa tinggal sedikit karena ponsel sudah lama dipakai untuk mengakses aplikasi2 yg memerlukan memori cukup besar misalnya untuk browsing atau main game.Jika hal ini yg anda alami,maka solusinya adalah anda harus me-restart (mematikan dan menyalakan kembali) ponsel anda.

Masalah yang paling sering dijumpai adalah masalah nomor 2 yaitu pusat pesan SMS yang tidak benar dimana penyebabnya biasanya akibat nomor pusat pesannya secara tidak sengaja telah berubah yang bisa disebabkan karena sering gonta-ganti kartu selular dari operator yang berbeda. Perlu diketahui bahwa SMS center tiap operator GSM adalah berbeda-beda. Khusus untuk semua operator CDMA (Flexi, fren, starone,esia dan lain2) pusat pesannya telah diatur diserver masing2 operator.

Bagaimana cara setting atau pengecekan Pusat pesan SMS? Untuk melakukan setting atau pengecekan pusat pesan SMS secara umum kita harus masuk Pesan-Pengaturan Pesan-Pusat pesan-kemudian ketikkan nomor pusat pesan sesuai dengan kartu yang anda pakai. Misalnya kita memakai kartu Mentari dari Indosat, maka pusat pesannya harus
+62816124.

Berikut ini beberapa contoh setting atau pengecekan pusat pesan SMS pada beberapa jenis ponsel dengan menggunakan kartu Mentari:

(1) Siemens C55
Menu> Pesan> Profil SMS> Profil 1> Pilihan> Ubah setting> Pusat Layanan> ketikkan +62816124> OK

(2) Nokia 2610
Menu> Olah Pesan> Pengaturan Pesan> Pesan teks> Pusat pesan> Pusat pesan>Nama pusat: Pusat pesan ; Nomor pusat: +62816124 > Simpan> Tetapkan sebagai pusat pesan default? > Ya

Berikut ini data pusat pesan (SMS Center) beberapa kartu GSM dari beberapa operator selular di Indonesia

(1) Mentari [Indosat] : +62816124
(2) IM3 [Indosat] : +62855000000
(3) Simpati & Kartu As [Telkomsel] : +6281100000
(4) XL [Excelcomindo] : +62818445009
(5) Three [Hutchinson] : +6289644000001
(6) Axis [Lippo Tel] : +628315000032

Dengan mengetahui nomor-nomor SMS Center tersebut diharapkan anda tidak lagi kebingungan jika suatu saat anda mengalami masalah dalam pengiriman sms, terutama yang disebabkan oleh kesalahan setting nomor pusat pesan.

Komentar :

ada 46 Comment(s) ke “SMS CENTER (Pusat Pesan SMS)”
Anonymous said...
pada hari 

terima kasih infonya bermanfaat untuk saya...

salam

Agus Ryan said...
pada hari 

Terima kasih kembali. Senang rasanya dpt memberikan info yg bermanfaat untuk anda.

Anonymous said...
pada hari 

waduh,,
bermanfaat banget..
stres abis gw bangun tidur mw sms tiba2 di bilang isi sms centernya dulu.. perasaan smlm ga gw kutak kutik aneh banget. Untung buka ni situs jadi bisa kebantu d.. Thx yah..

Anonymous said...
pada hari 

terima kasih infonya...


salam,

Anonymous said...
pada hari 

maaf mas... saya sudah setting no pusat layanan dengan benar...

tapi ko tetep ga bisa kirim sms yahh???

apakah ada penyebab lain selain salah nomor pusat layanan??

Anonymous said...
pada hari 

Makasih banyak infonya ^_^

Anonymous said...
pada hari 

tengkyu gan,,trselamatan ane,,brkat info dr ente ^ ^
salut

Anonymous said...
pada hari 

nomor pusat pesan flexi berapa ys?

Anonymous said...
pada hari 

Untuk Flexi dan semua CDMA tidak menggunakan nomor pusat pesan seperti pada GSM. Jadi Pengaturan pesan utk Flexi dan CDMA pada umumnya sudah diatur oleh jaringan.

Anonymous said...
pada hari 

Jika anda sudah setting pusat pesan dengan benar, tapi tetap tidak bisa kirim sms, kemungkinan ponsel anda yg bermasalah mungkin sinyalnya lemah atau jaringannya terkunci.

Kandung said...
pada hari 

Saya pake audiovox 6600 dengan nomor flexi, bisa kirim SMS tetapi ngga bisa terima. Pop up pesan request saldo pulsa bisa. Ada yang bisa bantu?

chelsea said...
pada hari 

oh ya gImaNA YA Misal Pusat PesaN nYA sudaH dI AtuR TApi MAsih GAx BIsa NgirIM sMs.... N KalAu gaGAl d riNciannYA "PERIKSA LAYANAN JARINGAN"....

tolong ya

itsna said...
pada hari 

q udah coba no. pusat pesan XL-ny tapi kok tidak bisa sih?tlng bls.no. hpku 081938994092.merk hpku KE770 LG

Anonymous said...
pada hari 

makasii yaaa...

jd gga d marain nyokap lg gr" hape'y gga bs cmz krna d maenin trus ma gw.. hihihi
thx a lot... n,n

Anonymous said...
pada hari 

thanks ya

Agus Ryan said...
pada hari 

@Untuk semuanya: Perlu diketahui bahwa tidak semua penyebab sms tidak bisa dikirim disebabkan kesalahan nomor pusat pesan. Ada beberapa sebab lain yg dpt mengakibatkan pesan gagal terkirim, diantaranya: (1) Adanya kesalahan pengaturan pesan,misalnya anda pakai kartu IM3 dan di ponsel anda sudah ada beberapa pusat pesan misalnya pusat pesan mentari, im3, as, xl dan lain2, tetapi pada bagian "Pusat Pesan yg sedang dipakai" yg anda pilih misalnya pusat pesan XL; (2)adanya gangguan jaringan (overload) didaerah anda atau sinyalnya bermasalah misalnya terlalu lemah shg hilang timbul; (3) pada sebagian smartphone symbian misalnya Nokia 6630,N70, N73 dll seringkali pesan gagal dikirim karena memory resource nya low, solusinya ponsel harus direstart (matikan dan nyalakan lagi untuk mengembalikan memory tsb)karena smartphone mirip dgn komputer yg semakin lama dipake maka memory resource untuk menjalankan program/aplikasi akan semakin berkurang; (4) ponsel yang anda gunakan tdk normal atau rusak; dan masih banyak sebab-sebab lainnya

Agus Ryan said...
pada hari 

@active: Untuk Flexi dan semua CDMA pengaturan pesannya sdh langsung diatur dijaringan masing2 operator CDMA tsb, jadi anda bisa coba komplainkan langsung ke Telkom. Tapi sebaiknya terlebih dulu periksa audiovox 6600 anda siapa tahu ada aplikasi/setting yg memblokir sms masuk

BAYNOF love said...
pada hari 

seeep.... q jadi bisa bantu tmen2 yang bingung gra2 g bisa sms.... asal plsanya g abiz aj.... thanks..........

Anonymous said...
pada hari 

makasih banggettts ya Bang.. ;)

teguh said...
pada hari 

sy pke nokia 5000,pernah ngirm pesan ke nomer xL,tp gagal,,, pdhal pst pesan sdh benar..
sy pake kartu telkomsel(As), bisa bantu??
tlg bls ke email: t3go3h.ta@gmail.com

Anonymous said...
pada hari 

kereeeeeeeeeeeeeeeeeeen

mastronik said...
pada hari 

makasih banget mas buat info yg sangat berharga bagi saya.soalnya saya sering di tanya sama agen2 kita tentang hal ini .tapi sering lupa(distributor pulsa ga tahu nomor pusat pesan katanya)maklum dah tua ..he he he

PonselSetting said...
pada hari 

@Teguh:Pastikan kartu as anda masih dlm masa aktif (biasanya pd masa aktif terakhir kadang2 sulit utk kirim sms) dan pastikan juga bahwa pusat pesan (sms center) yg sedang dipakai sudah benar,karena dlm satu ponsel ada yg dapat menyimpan beberapa sms center sekaligus, sedangkan yg dapat diaktifkan pada suatu waktu hanyalah satu. Jika anda menggunakan kartu as, tetapi sms center terpilih adalah sms center IM3 misalnya, maka sms yang anda kirimkan akan gagal terkirim.

dhanz ramadhan said...
pada hari 

makasi gan infonya :)
http://netterinfo.blogspot.com

Anonymous said...
pada hari 

bagaimana kalo dapat mengirim pesan tetapi tidak dapat menerima pesan?
tolong bantuannya mas
terima kasih.
pusing ni

Anonymous said...
pada hari 

Gan..
Nokia 2700 gw xoq kalau ada org sms k handphone gw gx ada namanya..
Walaupun sudah di save no tsb.
Tolong bri sarannya y
*klo bisa d sms aj gan..
K no ini +6285669864541

"8" "Ghest" "Bhoel" said...
pada hari 

kayak'a ada lebin dary 1 nomer sama yg d save jadi'a ga muncul nama

"8" "Ghest" "Bhoel" said...
pada hari 

kayak'a ada lebin dary 1 nomer sama yg d save jadi'a ga muncul nama

error said...
pada hari 

Hp saya tiba" g bisa buat sms
Saya udah cek nomor pusat pesan g ada yg salah
Sampai nomer saya pindah ke hp lainnya tp tetap aja g bisa
Setelah saya cek dan saya teliti ternyata pulsa saya habis......
Hehehehehehehe

Unknown said...
pada hari 

Sangat membantu sekali, tksh.

Unknown said...
pada hari 

thx berat gan...

Unknown said...
pada hari 

hadir boz

Anonymous said...
pada hari 

bang...sya udah otak atik hp sya..soalnx bngun tdur gk bsa buat bles sms...tpi temen2 sms bsa smuk,,pusat pesan jga uda bner...aq pke IM3...tpi uda kesetting pusat psan mentari uda aq bolak balik tpi tetep aj gk bsa smpe skrng..gmna solusinx bang

Ponselsetting said...
pada hari 

@Anonymous: Pastikan ponsel anda normal (cukup mendapatkan sinyal); pulsa anda juga masih cukup utk brkirim sms; pusat pesan (SMS Center) sdh pakai +62816124 atau +62855000000. Jika ternyata dlm kondisi spt itu masih tidak bisa berkirim sms, ada cara lain yg harus dicoba yaitu dengan cara "Pancing Jaringan"

Cara Pancing Jaringan adalah sebagai berikut: masuk ke PENGATURAN > PILIHAN OPERATOR > dari OTOMATIS ganti ke MANUAL > maka ponsel akan mencari jaringan yg tersedia disekitar anda > selanjutnya anda pilih salahsatu jaringan selain INDOSAT (anda pilih selain INDOSAT karena saat ini anda menggunakan kartu INDOSAT) > anda bisa pilih TELKOMSEL atau ProXL atau yg lainnya > karena jaringan yg dipilih tdk sesuai dgn kartu yg terpasang, maka jaringan tsb tentu saja akan menolaknya > Selanjutnya anda pilih jaringan yg benar yaitu INDOSAT > kemudian anda kembali ke PILIHAN OPERATOR dan ganti dari MANUAL ke OTOMATIS > Setelah itu silahkan anda coba untuk berkirim sms. Harusnya sekarang anda sdh dapat berkirim/ menerima sms dengan lancar.

Apabila ternyata anda tetap saja tidak dapat berkirim/menerima sms padahal semua setting telah benar dan sudah dilakukan "Pancing Jaringan" maka langkah terakhir yg harus anda lakukan adalah menghubungi Customer Service Indosat dengan mendatangi Gallery Indosat terdekat dikota anda karena kemungkinan kartu anda mengalami masalah disistem Indosat atau bisa juga kartu anda mengalami cacat.

Terima kasih, semoga dapat membantu.

Catatan:
Menu Pengaturan Jaringan mungkin berbeda-beda untuk masing-masing merk dan tipe ponsel, pada contoh pancing jaringan diatas berdasarkan menu pada ponsel Nokia.

refa said...
pada hari 

pak,saya mau tanya saya pakai hp NOKIA N73,setiap awal di nyalakan selalu ada tulisan"sistem salah",dan setiap saya mau kirim sms selalu ada tulisan"tidak ada jaringan dari portal",padahal nomor pusat pesan saya sudah benar,saya memakai GSM XL AXIATA,hp saya juga sudah di restart berulang kali
tapi tetap tidak bisa

padahal saya bisa menerima sms,saya juga sudah mencoba Pancing Jaringan namun tetap tidak bisa
saya juga bisa mengakses internet

tolong di jawab..

Anonymous said...
pada hari 

sip thank u

Ijo said...
pada hari 

tengkiu gan! terselamatkan karena info dari agan :D

Unknown said...
pada hari 

trimakasih buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkk yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Ponselsetting said...
pada hari 

@ALL: terima kasih kembali... senang tulisan ini bisa banyak membantu teman2 semua,,,

Anonymous said...
pada hari 

kalau ke oprator lain gak bissa ke sesama bisa gimana caranya

yogaprastyo said...
pada hari 

internet dan telpon bisa, tapi buat sms gak bisa, pusat pesan sudah benar, kenapa eah...

Unknown said...
pada hari 

Saya minta tolong,,bisa lacak nmr ini g 085336674222
085205907888
085334187333
Nmr yg d atas menipu saya 850.000,,saya ingin tau nmr yg d atas berada di daera mana ...
Trimakasih ....

duluganteng23 said...
pada hari 

Trima kasih brooow

Unknown said...
pada hari 

min mau nanya! knp yh hp nokia saya muncul ikon kacamata & tanda panah disamping bar signal setiap sy mau kirim sms hp sy restar sendri.saya sudah cek surat suara ternyata mmg salah no yg tertera(67) pdhl sy memakai operator TELKOMSEL brp kalipun sy ganti ttp tidak bisa..

Unknown said...
pada hari 

min mau nanya! knp yh hp nokia saya muncul ikon kacamata & tanda panah disamping bar signal setiap sy mau kirim sms hp sy restar sendri.saya sudah cek surat suara ternyata mmg salah no yg tertera(67) pdhl sy memakai operator TELKOMSEL brp kalipun sy ganti ttp tidak bisa..

Unknown said...
pada hari 

trimakasih gan info nya sangat membantu.
sukses gan

Post a Comment

Please type your comments brief and clearly. Thank you (Silahkan anda ketikkan komentar anda dengan singkat dan jelas. Terima kasih)

Google

   

Translate

Situs Resmi Op.


Buku Tamu

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra